Cara Share Koneksi SSH Via Wifi Dengan Menggunakan (S2T) dan mHotspot

wifi_logo.jpg

Posted By Eyron Mitnick

Cara Share Koneksi SSH Melalui Wifi - Taukah Anda apa Fungsi SSH SSH (Secure Shell) berfungsi sebagai tunnelier yang berfungsi meng-enkripsikan koneksi internet kita agar kegiatan browsing internet lebih aman karena IP asli provider digantikan dengan IP Host SSH yang kita gunakan. Selain itu, SSH juga bisa dijadikan sebagai sarana internet gratis dengan memanfaatkan inject, trik, dan bug yang dimiliki suatu Operator sehingga bisa internetan gratis Unlimited. Walau terkadang harus modal agar bisa konek dengan status Unlimited.

Namu bagaimana apabila koneksi SSH kita share ke perangkat atau gadget lain ? Apakah itu bisa ? Tentu saja bisa donk. Bosen kan kalau internetan dengan SSH di PC kita sendiri hehehe. Sekali-kali koneksinya dishare lah ke perangkat lain atau bisa juga di share ke temen-temen agar bisa ikutan menikmati gratisnya Internet Unlimited dengan SSH :D Nah untuk kesempatan kali ini, saya mau mengulas tentang bagaimana cara share koneksi SSH melalui Wifi dengan memanfaatkan software lain seperti SocksToTap (S2T) dan mHotspot pada tutorial ini.

Untuk langkah-langkahnya, silahkan Anda simak tutorial dibawah ini.

*Penting :

~ Sebelum mencoba tutorial berikut ini, saya sarankan Anda untuk mematikan Firewall baik Firewall bawaan Windows maupun Firewall dari Antivirus yang Anda gunakan jika ada. Karena bisa saja tutorial ini gagal karena akibat ulah Firewall.
Close Proxifier jika berjalan di layar belakang (Processes) Windows.

1. Silahkan Anda download softwarenya dibawah ini.
- SocksToTap
Size : 2.7 MB
Download disini.

- mHotspot
Size : 780 KB
Download disini.

2. Extract SocksToTap yang Anda download tadi.

3. Buka MMD (pasti Anda tau lah).

4. Uncheck Default Gateway + Route ke Proxy Operator masing-masing. Contoh disini saya memakai Telkomsel. Jadi saya route ke Proxy 10.1.89.130. Karena 10.1.89.130 adalah Proxy milik Telkomsel.

5. Buka SocksToTap dengan cara klik kanan kemudian Run As Administrator.

6. Instal Open VPN (Apabila Anda belum instal) - Kalau jendela Installer Open VPN belum muncul saat dibuka pertama kali Socks To Tap nya ini, Anda bisa mencarinya di folder Ekstrak  → Bin → openvpn-2.2.2 → kemudian instal seperti biasa.

sharewifissh4.jpg


7. Konekkan Bitvise sampai konek. Lalu lihat di Tab Services Bitvise. Kemudian Setting seperti gambar dibawah ini.

sharewifissh1.jpg
Klik gambar untuk memperbesar!

8. Jika keluar seperti gambar dibawah ini berarti tandanya udah konek SocksToTap-nya. Eits tapi jangan senang dulu, silahkan Anda cek untuk browsing atau internetan sebentar dulu. Kalau internetnya jalan berarti berhasil. Kalau belum jalan berarti tidak berhasil. Solusinya ? Silahkan lanjut ke Step 9 :)

sharewifissh3.jpg
Klik gambar untuk memperbesar!


9. Apabila sudah konek tetapi tidak jalan, biasanya akan muncul pertanda tulisan "Closed" secara terus menerus di Log Bitvise dan muncul "Establishing Secured Connection" dan "Resolving Host" secara lama dan pada akhirnya Connection Failed :3 :v

Solusinya :

Silahkan Anda otak-atik MMD Anda :
* Coba tidak usah Route tapi make DNS.
* Atau Coba Route dan make DNS.
* Atau Coba tidak usah Route dan tidak usah make DNS.
* Pastikan anda mematikan Firewall baik bawaan Windows maupun Antivirus.
* Pastikan anda menutup Proxifier terlebih dahulu (apabila berjalan).
* Uncheck Use IP Header Compression dan Disable NetBios di MMD.
Pastikan Listen Port Service di Bitvise sama dengan yang ada di SocksToTap.
* Instal Open VPN Clients apabila Anda belum menginstalnya di awal tutorial tadi.

NB : Beda kartu yang Anda gunakan, beda pengaturannya pula. Kalau saya sih make Telkomsel tidak usah Route tapi make DNS saja udah bisa jalan menggunakan SocksToTap.

10. Apabila sudah berhasil berjalan untuk internetan atau browsing, itu tandanya sudah pasti berhasil. Tinggal anda extract mHotspot yang anda download tadi kemudian Install. Untuk cara Instalnya dijamin sangat simple. Ada tinggal mengikuti instruksi yang ada. Apabila Anda ditanya apakah ingin menginstal software lain (semacam iklan gitu), silahkan di abaikan saja.

11. Buka mHotspot. Apabila muncul peringatan seperti gambar dibawah ini, Anda klik NO saja. Silahkan Anda isi nama Hotspot Name Anda. Isi Passwordnya juga minimal 8 karakter. Untuk Internet Sourcenyasilahkan Anda pilih Tap Adapter yang digunakan oleh SocksToTap. Fungsi SocksToTap ini adalahmenyalurkan koneksi dari Bitvise ke Tap Adapter Windows agar koneksinya bisa digunakan oleh berbagai macam aplikasi dan processes Windows yang berjalan yang membutuhkan koneksi internet. Untuk Max Clients bisa Anda atur sesuka hati.

sharewifissh2.jpg
Klik gambar untuk memperbesar!

12. Kemudian Anda klik Start Hotspot.

13. Silahkan Anda Test di Perangkat atau Gadget lainnya. Apakah jalan apa tidak ? Kalau di PC kita sendiri internetnya jalan, seharusnya di perangkat lainpun juga seharusnya ikutan jalan.

BUKTI WORK :

sharewifissh5.jpg
*Dari Komputer Asal

sharewifissh6.jpg
*Dari Perangkat Lain (Android)

sharewifissh7.jpg
*Dari Perangkat Lain (Android)

Klik gambar untuk memperbesar!
PROBLEM LAINNYA :

A : Gan, di SocksToTap saat ane Start malah muncul perintah Uncheck Default Gateway. Nah udah ane uncheck, tapi kenapa masih dimintai uncheck mulu ?

B. Solusinya gampang, coba ente download dan update software MMD Anda. Barangkali MMD nya ngebug (ada kesalahan dalam membuatnya oleh sang pembuat). Download saja disini nih.

Itu saja yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua :) Jika ada hal yang kuran paham, bisa bertanya atau berkomentar dibawah ini. Kalau ada waktu, pasti Admin akan menjawabnya.

0 Response to "Cara Share Koneksi SSH Via Wifi Dengan Menggunakan (S2T) dan mHotspot"

Post a Comment